RESENSI NOVEL “CINTA DALAM KARDUS”

RESENSI NOVEL “CINTA DALAM KARDUS”

Kata pengantar

Digital Pendidikan – Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat ilahi robbi, karna atas berkat rahmatnya kami dapat menyelesaikan resensi novel ‘Cinta Dalam Kardus’ yang di terbitkan olehPlot Poin Publising.
Dalam menyelesaikan laporan ini, kami ucapkan terimakasih kepada guru bahasa Indonesia dan teman-teman yang telah memberi dukungan dalam menyelesaikan resensi ini.
Tujuan kami membuat resensi ini yaitu untuk menambah pengalaman sebagai pelajar dalam membuat resensi novel, memudahkan kepada pembaca buku dalam memahami isi buku secara keseluruhan dan untuk menjalankan dan memenuhi tugas kami sebagai pelajar dalam mempelajari bahasa yang baik. Sekian maksud dan tujuan kami dalam membuat resensi ini.
Setiap manusia tak luput dari berbuat kesalahan, untuk itu apabila ada kesalahan penulisandan penyajian, kami mohon maaf atas kesalahan tersebut.
Demikian yang bisa kami tuliskan dalam kata pengantar resensi novel ini. Kritik dan saran selalu terbuka untuk perbaikan resensi ini.

Identitas Novel  Cinta dalam kardus

Judul         : Cinta dalam kardus
Pengarang     : Raditya Dika dan Anom Kiskenda
Penerbit     : PlotPoin Publishing
Halaman     : 191 Halaman
Terbit         : Mei 2013

Sinopsis

Film ini bercerita tentang Miko, orang yang percaya bahwa cinta itu menuntut dan tidak pernah bisa menerima seseorang apa adanya. I love just the way you are itu justru tanda buat berpisah. Dan seperti itulah yang ia alami saat ini, pada hubungannya dengan Putri. Miko mulai mempertimbangkan  untuk memutuskan hubungan mereka.
Malam minggu itu Miko berencana untuk naik ke panggung Stand Up Comedy.Dia ingin melakukan sesuatu yang bisa biki hidupnya segar. Diragukan Rian,, teman serumahnya, dia bertahan di panggung atau tidak, Miko tidak berhanti. Sebelum berangkat Miko sempat kaget melihat kardus yang beisi barang-barang nostalgia peninggalan 21 mantan gebetannya. Seharusnya kardus itu sudah dibuang oleh pembantunya, Mas Anca. Namun sayangnya Miko lupa memberitahukan Mas Anca dimana dia menyimpan kardus itu selama ini. Dengan kesal Miko pun akhirnya membawa kardus itu pergi bersama dirinya. Dia berencana  membuang kardus itu nanti. Sesampainya di café tempat acara Stand Up Comedy Night, karena belum menemukan kesabaran pun habis. Miko tersebut, Miko membawa kardus Comedy-nya. Dia punya agenda, ya dia naik keatas panggung, hadir bahwa love is overrateo! Menguasai panggung, ngoceh, untuk mendukung argumenya, Milebut terancam oleh dua ABG ke atas panggung. Melalui berani dan Kipli yang duduk posisi Miko dengan mantan gebetan dan penonton lain.
Bicara fakta:  dengan panggilan ayah-bunda kesabarannya pun habis. Miko menepis materi Stand Up Comedy-nya. Dia pun agenda, yaitu meyakinkan penonton yang hadir bahwa love is overrateo!
Untuk mendukung argumennya, Miko pun membawa kardus tadi ke atas panggung. Melalui barang-barang yang mengingatkan miko dengan mantan gebetan dan cerita dibaliknya. Miko ingin bicara fakta :  cinta sudah di hitung lebih “mahal” dari seharusnya!
Walau pun pada awalnya Caca dan Kipli  selalu menangkis argumen Miko, lama-kelamaan Miko berhasil mengubah suasana café  yang awalnya pink menjadi abu-abu ketika orang-orang mulai skeptis kepada cinta. Terbawa pada suasana Miko memutuskan putri melalui twitter.

Latar belakang

Film ini bercerita tentang Miko (Raditya Dika), orang yang percaya bahwa cinta itu menuuntut dan tidak pernah bisa menerima seseorang apa adanya. I love just the way you are itu justru tanda buat berpisah. Dan persis itulah yang ia rasakan saat ini, pada hubungannya dengan Putri (Anizabells Lesmana). Miko mulai mempertimbangkan untuk putus.
Hari itu Miko berencana untuk naik ke panggung stand up comedy . di aigin melakukan sesuatu yang bisa bikin hidupnya segar. Diragukan Rian(Ryan Adriandhy), kawannya, dia bisa bertahan di panggung atau tidak, Miko tak berhenti. Sebelum berangkat , Miko sempat kaget ketika menemukan kardus yang berisi barang-barang nostalgia peninggalan 21 mantan gebetannya.

Seharusnya kardus itu sudah dibuang oelh Mas Anca(Hadian Saputra), pembantunya. Namun sayang selama ini Miko lupa memberitahu dia dimana kardus itu disimpan. Dengan kesal akhirnya Miko pun membawa jardus itu pergi bersamanya. Dia berencanauntuk membuang kardus itu nanti. Sesampainya Miko di cafe stand up comedy, karena belum menemukan tempat untuk membuang kardus tersebut, Miko membawa kardus itu masuk bersamanya. Lalu dia naik ke atas panggung, dengan satu niat sederhana, menguasai panggung, ngoceh, melepas mumet. Namun niat tersebut terancam oleh dua ABG dimabuk cinta, Caca dan Kipli, yang duduk di paling depan dan sangat menyedot perhatian penonton.
Miko menahan kekesalannya. Namun saat dia mendengar Caca dan Kipli memanggil satu sama lain Ayah-Bunda, kesabarannya pun habis. Mio menepis mateti stand up comedy-nya. Dia punya agenda yautu meyakinkan penonton bahwa love is overrated!
Untuk mendukung argumennya, Miko pun membawa kardus tadi ke atas panggung. Melalui barang-barang peninggalan mantan gebetan dan kisah untuk dibaliknya, Miko ingin bicara fakta: cinta sudah dihitung lebih ‘mahal’ dari seharusnya!
Walaupun pada awalnya Caca dan Kipli selalu menangkis argumen Miko, lama kelamaan Miko berhasil mengubah suasana cafe yang pink menjadi abu-abu ketika orang-orang mulai ikut skeptis pada cinta. Karena terbawa oleh suasana di atas panggung, Miko bahkan memutuskan Putri dengan cara yang gegabah: lewat twitter.
Tapi sebuah batu koral dalam kardus itu bikin Miko jungkir balik dan tunggang langgang. Apakah memang cinta bisa apa adanya? Atau harusnya, ada apanya? Zona nysman yang sesungguhnya atau ruang penuh resiko yang harus selalu tumbuh?
Namun, berbeda dengan novel Cinta dalam Kardus yang dikarang oleh Anom Kiskenda dan diterbitkan oleh PlotPoint Publishing. Di dalam novel ini menceritakan  tentang tokoh Joni Lennon, yang sedang bertengkar dengan pacarnya yang bernama Key. Hingga akhirnya Joni, di minta ayahnyauntuk ikut magang, dia magang di sebuah produksi film Cinta dalam Kardus. Saat Joni sudah mulai magang, dia bertemu dengan orang-orang baru serta wajah-wajah baru yang tak disangka membuat Joni mengingatkan dengan mantan-mantannya.

UNSUR INTRINSIK NOVEL CINTA DALAM KARDUS

Cinta dalam kardus ini bertemakan “Di Dalam Kardus ada Cinta vs Ada cinta di bioskop, mempunyai alur maju, karena pada cerita tersebut tidak ada pengulangan peristiwa,bersudut pandang orang pertama pelaku utama, karena pengarang menceritakan sendiri kejadian yang dia alami.
Setting tempat pada novel ini berada di rumah Joni Lennon, di rumah Key, dan di lokasi syuting cinta dalam kardus. Suasana yang tercipta pada novel yaitu galau, menyenangkan, dan humoris. Sedangkan setting tempat pada filmnya berada di rumah Miko, rumah Putri, dan cafe stand up comedy. Suasana yang tercipta pada film yaitu humoris, galau, kocak.
Penokohan pada novel cinta dalam kardus, ada Joni yang mempunyai watak lola, tapi juga gokil dalam pembawaan sifat lolanya. Ada Key sebagai pacar Joni, yang mempunyai sifatnya selalu memaksakan kehendaknya, dibuktikan saat Key meminta Joni untuk segera menikahinya. Ayah Joni yang mempunyai watak seperti anaknya yaitu gokil dan juga humoris. Ruben sebagai salah satu kru dari pembuatan cinta dalam kardus. Mas Aris sebagai sutradara cinta dalam kardus. Dara sebagai asisten sutradara yang akhirnya setelah cinta dalam kardus di liris, dara mempunyai hubungan dengan Joni.
Penokohan pada film cinta dalam kardus ada Miko seorang pemuda galau tapi mempunyai watak yang humoris dan gokil. Putri yang berperan sebagai  cewek Miko, yang posesifnya minta ampun, selalu nanya jadwal si Miko dan lain sebagainya. Ada Rian temen Miko satu kontrakan. Anca pembantu yang lolanya itu minta ampun, di buktiin dengan peristiwa mas Anca lagi naruh ibat tikus di salah satu  ruangan, tapi malah ikut di cobain gokil kan. Harry sang pemilik cafe, yang digunakan Miko untuk stand up comedy. Caca dan Kipli sepasang kekasih yang masih labil-labilnya dan selalu menyanggah stand up comedinya Miko.

Penilaian 

Perbandingan antara novel cinta dalam kardus dan film cinta dalam kardus ialah, kalau didalam novel menceritakan tentang sosok Joni yang waktu itu sedang bertengkar dengan pacarnya yang bernama Key. Terus ayah Joni menyuruh Joni untuk ikut magang di produksi film cinta dalam kardus. Selama magang Joni bertemu dengan orang-orang baru yang mengingatkannya dengan mantan pacarnya. Berbeda dengan filmnya, film yang tayang pertengahan tahun ini bergenre komedi romantis. Film cinta dalam kardus lebihmenceritakan sosok Raditya Dika yang percaya bahwa cinta itu menuntut dan tidak pernah bisa menerima seseorang apa adanya. Dan persis itulah yang ia rasakan saat ini, pada hubungannya dengan Putri. Hari itu Miko berencana untuk naik ke panggung stand up comedy. Dia ingin melakukan sesuatu yang bisa bikin hidupnya segar. Namun, sebelum berangkat, Miko sempat kaget ketika menemukan kardus yang berisi barang-barang nostalgia peninggalan 21 mantan gebetannya. Hingga akhirnya stand up Miko menceritakan barang-barang pemberian dari mantannya. Intinya film cinta dalam kardus lebih menceritakan cinta Miko dan masa lalu dengan mantant-mantannya.

Kelemahan

Kelemahan cerita yang disampaikan berbeda dengan filmnya. Di dalam novel juga terdapat singkatan yang mungkin sulit dipahami oleh pembaca.

Kelebihan

Cerita menarik yang mungkin pernah dialami oleh remaja-remaja Indonesia. Memiliki pesan yang bagus. Dan yang kebih menarik, setting dari cinta dalam kardus itu berbahan dari kardus semua. Jadi efek kardus memberikan kesan WAW, ketika kita melihat penataan tempat pada film cinta dalam kardus.

Kesimpulan

Merupakan film unik karena berlatarkan dari bahan-bahan yang berbahan dasar dari kardus, film komedi romantis yang layak untuk dilihat filmnya.